Purba, Syeba Br. (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142057.COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7113142057.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
7113142057.PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7113142057.ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
7113142057.LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7113142057.LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7113142057.LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7113142057.LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7113142057.CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
7113142057.CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7113142057.BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XI AK SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.P. 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Tebing Tinggi yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen 30 orang pada kelas XI AK 1 dan kelas kontrol 30 orang pada kelas XI AK 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila thitung > ttabel pada α = 0,05.Dari hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Concept Attainment adalah nilai rata-rata pre-test 42,17 dengan standard deviasi 10,96 dan rata-rata post-test 83,17 dengan standard deviasi 7,25. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 40,00 dengan standard deviasi 10.50 dan rata-rata post-test sebesar 73,00 dengan standard deviasi 7,26. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, pada taraf signifikan 95% dengan α = 0,05 yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,844 > 1,671 dan dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Concept Attainment lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 063 |
Keywords: | Model Pembelajaran Concept Attainment;Metode Konvensional;Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14675 |