Syahfitri, Sunawar (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK SWASTA TENGKU AMIR HAMZAH INDRAPURA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142054 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7113142054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7113142054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7113142054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7113142054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7113142054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7113142054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7113142054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7113142054 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7113142054 BAB V.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7113142054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa X Ak di SMK Swasta Tengku Amir Hamzah Indrapura Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Interaktif lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tengku Amir Hamzah Indrapura yang beralamat di Jl. Syarifuddin Batubara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak di SMK Swasta Tengku Amir Hamzah Indrapura. Teknik Pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik random sampling sebanyak 40 orang, yaitu kelas X Ak 1 sebanyak 20 orang terpilih sebagai kelas eksperimen1 dan kelas X Ak 2 sebanyak 20 orang terpilih sebagai kelas eksperimen2. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item, sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas, uji Homogenitas dan Pengujian Hipotesis. Dari hasil analisis data untuk kelas eksperimen1 untuk pretes diperoleh rata-rata 49,00 dan standar deviasi 9,81, untuk postes 83,50 dan standar deviasi 10,01. Kemudian untuk kelas eksperimen2 untuk pretes diperoleh nilai rata-rata 52,00 dan standar deviasi 9,09, untuk postes 72,75 dan standar deviasi 13,22. Uji normalitas posttest kelas eksperimen 1 Lhitung¬ < Ltabel (0,1023 < 0,190), kelas eksperimen 2 Lhitung¬ < Ltabel (0,1332 < 0,190). Uji homogenitas data pretest Fhitung(1,16) < Ftabel(2,255) dan data posttest Fhitung (1,744)< Ftabel(2,255). Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% = 0,05 pada pengamatan n = 20 siswa didapat thitung 3,125 dan ttabel 2,09. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,125> 2,09), dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Interaktif lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X Ak di SMK Swasta Tengku Amir Hamzah Indrapura Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 059 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Problem Based Learning dengan Pendekatan Interaktif, Hasil Belajar Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14673 |