Sianturi, Hariyati (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON DAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK DI SMK SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112142009 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7112142009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
7112142009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
7112142009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
7112142009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7112142009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7112142009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7112142009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7112142009 BAB I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
7112142009 BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7112142009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XII AK di SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategipembelajaran Peer Lesson dan strategi pembelajaran Guided Teaching pada siswa Kelas XII AK. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan T.P 2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AK SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan yang berjumlah 94 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XII Ak 1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XII Ak 2 yang berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t pada taraf α=0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan strategi pembelajaran Peer Lesson dan strategi pembelajaran Guided Teaching di kelas XII AK SMK Swasta Yayasan Pendidikan KeluargaMedan T.P 2015/2016. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Peer Lessonadalah nilai rata-rata pre test 49,83, dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 20 serta standar deviasi 11,63 dan post test sebesar 84,33 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 65 serta standar deviasi 7,28. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Guided Teaching adalah nilai rata-rata pre test 53,33 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 30 serta standar deviasi 10,45 dan post test sebesar 76,67 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60 serta standar deviasi 9,03. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,621> 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran peer lesson dan strategi pembelajaran guided teaching terhadap hasil belajar akuntansi siswakelas XII AK di SMK Swasta Yayasan Pendidikan Keluarga Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 079 |
Keywords: | Strategi Peer Lesson;Guided Teaching;Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14670 |