Nurhayati, Nurhayati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXPOSITORY TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA AL WASLIYAH 1 MERBAU T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142014 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7111142014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
7111142014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
7111142014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7111142014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7111142014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7111142014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7111142014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7111142014 BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
7111142014 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7111142014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Swasta Alwasliyah 1 Merbau TP. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Teaching dengan Strategi Pembelajaran Expository lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar metode konvesional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Alwasliyah 1 Merbau yang beralamat Merbau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Ak SMK Swasta Alwasliyah 1 Merbau, Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah total sampling yang sebanyak 84, yaitu kelas XI Ak 1 sebanyak 42 siswa terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Ak 2 sebanyak 42 siswa terpilih sebgai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan untuk mengkur hasil belajar akuntansi adalah teks pilihan berganda sebanyak 20 soal, sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis.Dari hasil analisis data untuk kelas ekperimen untuk pretes diperoleh rata-rata 51,31 dan standar deviasi 13,21 untuk posttest 82,62 dan standar deviasi 9,12, kemudian untuk kelas kontrol rata-rata 44,76 dan standar deviasi 14,56 untuk posttest 72,14 dan standar deviasi 9,63. Uji normalitas postest kelas eksperimen Lhitung < Ltabel (0,0885 < 0,1367), kelas kontrol Lhitung < Ltabel (0,0952 < 0,1367). Uji homogenitas data pretest Fhitung (1,22) < Ftabel (1,63) dan data posttest Fhitung (1,11) < Ftabel.(1,63). Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% α = 0,05 pada pengamatan thitung (5,188) > ttabel (1,637). Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu (5,188 > 1,637) dengan kata lain hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Guided Teaching dengan Strategi Pembelajaran Expository lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional kelas XI Ak SMK Swasta Alwasliyah 1 Merbau TP. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 067 |
Keywords: | model pembelajaran guided teaching dengan strategi pembelajaran expository;hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14668 |