Sembiring, Novita Sari (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112142013 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7112142013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7112142013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
7112142013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
7112142013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7112142013 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7112142013 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7112142013 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7112142013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
7112142013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7112142013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak di SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Inkuiri lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Instruction siswa kelas X Ak SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe yang beralamat di Jl. Kota cane No.111 Kabanjahe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 68 siswa. Terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X Ak 1 dan Kelas X Ak2. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Dimana seluruh kelas X Ak dijadikan sampel dan membentu 2 kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen1 dan eksperimen2 dan masing-masing berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 35 soal. Dimana sebelum diberikan ke sampel sesungguhnya, tes ini telah diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, dan varians. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05.Hasil analisis data kelas eksperimen1 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 52,00 dan 81,47 dengan standar deviasi 16,05 dan 10,84. Sedangkan pada kelas eksperimen2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 49,12 dan 72,79 dengan standar deviasi 20,63 dan 13,15. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung=2,9890 dan ttabel = 1,669, thitung > ttabel yaitu 2,9890 > 1,669 maka hipotesis diterima.Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Inkuiri lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan enggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction pada siswa kelas X Ak SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Inkuiri; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14665 |