Handayani, Novita (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SISWA KELAS X AK SMK SWASTA AL WASHLIYAH 12 SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142012 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7111142012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
7111142012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7111142012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7111142012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7111142012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7111142012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7111142012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7111142012 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
7111142012 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7111142012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas X Ak SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi daripada hasi belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing siswa kelas X Ak SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah yang beralamat di Jalan Negara No. 128 Sei Rampah Serdang Bedagai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak yang berjumlah sebanyak 60 orang, dan Tekni pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X Ak 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas X Ak 2 yang berjumlah 30 orang . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang diberikan dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan standard deviasi, uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 55,00 dengan standar deviasi 13,58 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 77,50 dengan standar deviasi 12,85. Dan pada kelas eksperimen 2 diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 55,83 dengan standar deviasi 14,15 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 65.50 dengan standar deviasi 12,34. Hasil uji t Pada posttest hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,722 > 1,671) pada α = 0,05. Dengan demikian hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing pada siswa kelas X Ak SMK Swasta Al Washliyah 12 Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 036 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi ; Reciprocal Teaching ; Problem Posing |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14664 |