Fachri, Muhammad Fadli (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MAN 2 MODEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142008 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7111142008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
7111142008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7111142008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7111142008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7111142008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7111142008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7111142008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7111142008 BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7111142008 BAB V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7111142008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Permaslahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XI IPS MAN 2 Model Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Starts With A Question lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting pada siswa kelas XI IPS di MAN 2 Model Medan T.P. 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Model Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 2 Model Medan yang berjumlah 146 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Learning Starts With A Question adalah nilai rata-rata pre-test 73,82 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 35 serta simpangan baku 14.41 dan rata-rata post-test 94,41 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 85 serta simpangan baku 5,04. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting adalah nilai rata-rata pre-test 74,41 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 40 serta simpangan baku 12,95 dan post-test sebesar 86,47 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 55 serta simpangan baku 12,09. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,576 > 1,669 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Learning Starts With A Question lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting pada siswa kelas XI IPS di di MAN 2 Model Medan T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 028 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Learning Starts With A Question dan Model Pembelajaran Probing Prompting |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14662 |