Sihite, Melda Susanti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142036 JUDUL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7113142036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7113142036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7113142036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
7113142036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7113142036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7113142036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7113142036 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
7113142036 BAB V.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
7113142036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar menggunakan model pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas Eksperimen 1 sebanyak 35 orang dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas Eksperimen 2 sebanyak 35 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar akuntansi yang berbentuk multiple choice. Tes dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka tes diuji coba terlebih dahulu sebanyak 20 soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisa data sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, hipotesis diuji menggunakan uji t dengan taraf signifikan 95% (α = 0,05).Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction ( ̅=84,11 dengan SD = 9,83 ) lebih tinggi dari nilai hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Mind Mapping ( ̅=77,719 dengan SD = 12,548). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05) diperoleh bahwa > (2,585>1,668) maka hipotesis diterima.Kesimpulannya adalah bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Mind Mapping pada siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 11
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 007 |
Keywords: | Problem Based Instruction; Mind Mapping; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14659 |