Sari, Kartika (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMKS PAB 2 HELVETIA T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142007 COVER.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7111142007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (722kB) | Preview
7111142007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
7111142007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
7111142007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7111142007 TABLES.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7111142007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7111142007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7111142007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
7111142007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
7111142007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar Akuntansi pada mata pelajaran akuntansi keuangan siswa Kelas XII SMK,Swsata PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2015/2016.Penelitian ini dilaksanakan pada SMK,Swsata PAB 2 Helvetia di jalan Veteran Pasar 4 Labuhan Deli Helvetia Kab. Deli Serdang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah total 64 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas XII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII-2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terisi dari 30 siswa dengan jumlah total 60 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen = 55,17 dengan Standar Deviasi = 14,88 dan nilai rata-rata postes siswa setelah menggunakan model pembelajaran Probing Prompting = 82,5 dengan Standar Deviasi = 9,55. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol = 56 dengan Standar Deviasi = 16,99 dan nilai rata-rata postes siswa menggunakan metode konvensional = 73,33 dengan Standar Deviasi = 12,75. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal ( Lhitung < Ltabel ) dan homogen ( Fhitung < Ftabel ). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (3,155 > 1,689), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y Pada taraf Signifikan 95 % atau alpha 0,05% dengan dk = N + N – 2 = 58Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar akuntansi Siswa Kelas XII SMK,Swasta PAB 2 Helvetia T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 087 |
Keywords: | Model Pembelajaran Probing Prompting; Hasil belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14651 |