Simanjuntak, Ismi Tamia (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142025 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7113142025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
7113142025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
7113142025 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7113142025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7113142025 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7113142025 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142025 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7113142025 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
7113142025 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7113142025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa Kelas XI AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran visual lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AP di SMK Negeri 1 Medan T.P. 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Tebing Tinggi yang berjumlah 90 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen 30 orang pada kelas XI AP 1 dan kelas kontrol 30 orang pada kelas XI AP 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila thitung > ttabel pada α = 0,05. Pengujian Hipotesis diperoleh thitung 3,821 dan ttabel 1,671 maka thitung > ttabel. Dengan demikian Hipotesis diterima.Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran visual adalah nilai rata-rata pre-test 43,67 dengan standard deviasi 8,80 dan rata-rata post-test 82,33 dengan standard deviasi 8,07. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model metode konvensional adalah nilai rata-rata pre-test 42,67 dengan standard deviasi 11,50 dan rata-rata post-test sebesar 76,33 dengan standard deviasi 9,37. bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan media pembelajaran visual lebih tinggi disbanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AP di SMK Negeri 1 tebing Tinggi Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 065 |
Keywords: | Media Pembelajaran Visual, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14647 |