Simamora, Yohana Ira (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142024 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
7113142024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
7113142024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7113142024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7113142024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7113142024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7113142024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7113142024 BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
7113142024 BAB V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7113142024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar, bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar, dan pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar dan pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 6 Medan Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan dengan populasi yaitu keseluruhan kelas X AK 1 dan X AK 2 yang jumlah 72 orang, yang semuanya dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam menggunakan data adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan regresi linear sederhana, Hasil analisis data diperoleh persamaan garis linear penggunaan media pembelajaran Y = 78,82 + 0,085 X1, persamaan garis linear motivasi diperoleh Y = 72,95 + 0,17 X2. Koefisien determinan dari hasil analisis penggunaan media pembelajaran sebesar 20% artinya, bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran menyebabkan naiknya prestasi belajar siswa sebesar 20%. Dan Koefisien determinan dari hasil analisis motivasi sebesar 32% artinya bahwa pengaruh motivasi menyebabkan naiknya prestasi belajar siswa sebesar 32%. Sisanya 45% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termaksud dalam penelitian ini, seperti model pembelajaran, interaksi guru terhadap siswa, serta faktor eksternal lainnya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penggunaan media pembelajaran diperoleh thitung sebesar 1,049 sedangkan ttabel = 0,67 pada taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian thitung > ttabel atau 1,049 > 0,67 sehingga hipotesis diterima. Hasil pengujian hipotesis pada motivasi diperoleh thitung sebesar 2,073 sedangkan ttabel = 0,67. Dengan demikian thitung > ttabel atau 2,073 > 0,67 sehingga hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar, dan adanya pengaruh positif antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 071 |
Keywords: | Media Pembelajaran ; Motivasi ; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14644 |