Harianja, Ice Roma Duma (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE RESITASI TERSTRUKTUR DAN MODEL ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) SISWA KELAS XI IS SMA SWASTA BINTANG TIMUR 1 BALIGE T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142021 COVER.Pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7113142021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
7113142021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7113142021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7113142021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7113142021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7113142021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7113142021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7113142021 BAB I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
7113142021 BAB V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7113142021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode resitasi terstruktur dan model ropes (review, overview, presentation, exercise, summary) siswa kelas XI SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode resitasi terstruktur dan model ropes (review, overview, presentation, exercise, summary) siswa kelas XI SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige yang berjumlah 102 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 68 orang yang diambil dengan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara test dan dokumentasi. Sebelum instrument digunakan maka dilakukan Uji validitas tes dilakukan menggunakan rumus product mmoment, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Kunder-Richardson KR-20. Setelah didapat data hasil belajar dilakukan uji prasarat yaitu Uji Normalitas. Setelah uji prasarat, tahap selanjutnya adalah Uji Hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana melihat ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode resitasi terstrutur maupun model ropes terhadap hasil belajar serta menggunakan rumus korelasi untuk mengetahui sejauh mana taraf signifikansi pengaruh penggunaan metode resitasi terstruktur maupun model pembelajaran ropes terhadap hasil belajar kognitif siswa. Dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ROPES didapat peningkatan hasil belajar siswa sekitar 46,96%, sedangkan untuk pembelajaran menggunakan metode resitasi terstruktur memberikan peningkatan sebesar 44,54%. Berdasarkan hasil hitung data nilai pretest dan posttest thitung > ttabel yaitu 2,698 > 2,037dengan taraf signifikansi 95% (α = 0,05). Oleh karena itu dapat disimpulkan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang positif hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan menggunakan Metode Resitasi Terstruktur dan Model ROPES (Review Overview Persentation Exercise Summary) Siswa Kelas XI IS SMA Swasta Bintang Timur 1 Balige T.P 2014/2015. Dengan ini model pembelajaran ROPES dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 060 |
Keywords: | Resitasi Terstruktur, ROPES, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14640 |