Sitinjak, Hotma Ida (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN STRATEGI ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK HKBP SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7113142020 COVER.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
2. NIM 7113142020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
3. NIM 7113142020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM 7113142020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 7113142020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 7113142020 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 7113142020 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7113142020 LIST OF APPENDICS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 7113142020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM 7113142020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM 7113142020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi Rotating Trio Exchange lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas X AK di SMK Swasta HKBP Sidikalang Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta HKBP Sidikalang yang beralamat di Jl. Gereja No.01 Sidikalang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK HKBP Sidikalang yang terdiri dari 3 kelas yakni kelas X AK-1 sebanyak 36 orang, kelas X AK-2 sebanyak 34 orang, dan kelas X AK-3 sebanyak 33 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yang terdiri dari kelas X AK-3 sebagai eksperimen I yang akan diberi perlakuan dengan model Creative Problem Solving dengan strategi Rotating Trio Exchange dan kelas X AK-2 sebagai eksperimen II yang akan diberi perlakuan dengan model Creative Problem Solving. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes objektif berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dan simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas data dan pengujian hipotesis. Hasil analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest siswa untuk kelas eksperimen 1 sebesar 80,33 sedangkan nilai rata-rata postest siswa untuk kelas eksperimen 2 sebesar 74,33. Hasil uji-t diperoleh sebesar 2,910 dan sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05, setelah membandingkan dengan kriteria pengujian hipotesis maka diperoleh bahwa > atau 2,910 > 1,671. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan strategi Rotating Trio Exchange lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving pada siswa kelas X AK di SMK Swasta HKBP Sidikalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 022 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving ; Strategi Rotating Trio Exchange ; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14639 |