Handayani, Helvina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111142002 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7111142002 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
7111142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
711142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7111142002 TBLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
7111142002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
711142002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7111142002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7111142002 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7111142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7111142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan yang beralamat di Jl. Timor No.36 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS1, XI IS2 dan XI IS3 SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen1(XI IS2) dan eksperimen2(XI IS3) yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelumnya tes ini telah diujicobakan dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05.Dari hasil analisis data kelas eksperimen1 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 33,67 dan 77,83 dengan standar deviasi 13,38 dan 12,01. Sedangkan pada kelas eksperimen2 nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 32,5 dan 70,17 dengan standar deviasi 11,72 dan 13,42. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung=2,332 dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 2,332 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima.Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 044 |
Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning; Problem Based Learning; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14637 |