Tampubolon, Evi Seroja (2015) IPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PENDEKATAN INKUIR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK NEGERI 7 MEDAN T. P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112142008 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
7112142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
7112142008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7112142008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
7112142008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7112142008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7112142008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7112142008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7112142008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
7112142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7112142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarakuntansi kelas X SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaranCreative Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yangdiajar dengan Pendekatan Inkuiri pada siswa Kelas X SMK Negeri 7 Medan T.P2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan T.P 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMKNegeri 7 Medan yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkansampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X Ak 1 yang berjumlah34 orang pada kelas eksperimen I dan kelas X Ak 2yang berjumlah 34 orang padakelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simplerandom sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasilbelajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dimanasebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakanterlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dantingkat kesukaran soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahuludilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan ujihipotesis digunakan uji t pada taraf α=0,05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar denganmodel pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggi dibanding hasil belajarakuntansi yang diajar dengan Pendekatan Inkuiri. Hasil uji statistik menunjukkanhasil belajar siswa dengan model pembelajaran Creative Problem Solving adalahnilai rata-rata pre test 48,53, dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 30 sertastandar deviasi 12,22 dan post test sebesar 80,15 dengan nilai tertinggi 100 dannilai terendah 55 serta standar deviasi 16,54. Sedangkan hasil belajar siswa yangdiajar dengan Pendekatan Inkuiri adalah nilai rata-rata pre test 44,71 dengan nilaitertinggi 75 dan nilai terendah 20 serta standar deviasi 14,3 dan post test sebesar71,03 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40 serta standar deviasi 13,64.Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,499 > 1,669 padataraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yangdiajar dengan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggidibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Pendekatan Inkuiri padasiswa kelas X SMK Negeri 7 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 027 |
Keywords: | Model CPS; Hasil Belajar; Pelajaran Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14631 |