Gultom, Efendi (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA T. AMIR HAMZAH INDRAPURA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142010 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7113142010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (844kB) | Preview
7113142010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7113142010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7113142010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7113142010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7113142010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7113142010 BAB I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
7113142010 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7113142010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi pada siswa kelas Xl Ak SMK Swasta T.Amir Hamzah Indrapura T.P 2015/ 2016.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta T.Amir Hamzah Indrapura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK yang berjumlah sebanyak 60 orang terdiri 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, yaitu kelas XI Ak1 dengan jumlah siswa kelas 30 orang sebagai kelas eksperimen1 dan kelas XI Ak2 dengan jumlah siswa kelas 30 orang sebagai kelas eksperimen2. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan Pendekatan Scientific. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific untuk kelas eksperimen mendapat nilai rata – rata 81,33 dengan standar deviasi sebesar 8,89. Sedangkan nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 2 yang menerapkan Pendekatan Scientific 71,00 dan standar deviasi sebesar 12,31.Dengan menggunakan rumus uji t pada perhitungan hipotesis maka diperoleh thitung sebesar 3.7211 dan ttabel sebesar 1,671 pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05. Karena thitung > ttabel maka hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternative penelitian (Ha) diterima. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific lebih memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada siswa kelas XI Ak di SMK Swasta T. Amir Hamzah Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 109 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Pendekatan Scientific; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14626 |