Damayanti, Dini (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS DI SMA NEGERI 1 MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142009 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7113142009 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (856kB) | Preview
7113142009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
7113142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
7113142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7113142009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7113142009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7113142009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7113142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
7113142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
7113142009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Negeri1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Inkuiri lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Posing siswa kelas XII IS SMA Negeri1 Medang Deras Kabupaten Batu Bara Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Medang Deras yang beralamat di Jalan OK.M Yunan Desa Nenassiam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IS di SMA Negeri 1 Medang Deras Tahun Pembelajaran 2015/2016 yaitu sebanyak 77 orang, dan Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IS 1 yang berjumlah 25 orang dan kelas XII IS 3 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, dan varians. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05.Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 58,60 dengan standar deviasi 9,19 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 85,40 dengan standar deviasi 8,41. Dan pada kelas eksperimen 2 diperoleh nilai rata-rata pretest 55,40 dengan standar deviasi 7,40 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 74,40 dengan standar deviasi 7,95. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α = 0,05. Pada posttest hasil belajar diperoleh thitung = 4,80 sedangkan ttabel = 1,66 dengan thitung > ttabel maka hipotesis diterima.Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Inkuiri Lebih tinggi secara signifikan daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Posing Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 078 |
Keywords: | model pembelajaran problem posing dengan pendekatan inkuiri;hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14625 |