Sihombing, Desi Ratna Sari (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA YPK MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7112142004 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7112142004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
7112142004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7112142004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7112142004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7112142004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7112142004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7112142004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7112142004 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
7112142004 BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7112142004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswapada mata pelajaran akuntansi kelas XI Ak SMK Swasta YPK Medan. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model pembelajaranSmall Group Discussion dengan Pendekatan Scientific di SMK Kelas XI Ak.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YPK Medan yang beralamat di di Jln.Sakti Lubis Gg. Pegawai No.8 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh kelas XI Ak. Sedangkan teknik pengembilan sampel pada penelitian iniadalah Random Sample. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI Ak1 dan kelas XI Ak 2 yang masing – masing kelas terdiri dari 30 siswa denganjumlah total 60 siswa. Untuk memperoleh data hasil belajar tersebut digunakanobjektif test sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Sebelum tes digunakan untukmengumpulkan data, tes terlebih dahulu telah diuji dengan mencari validitas tes,reliabilitas tes, daya beda dan tingkat kesukaran tes. Teknik analisis data yangdigunakan dimulai dengan minghitung skor mentah untuk setiap kelompokmencari rata – rata dan standar devisi, uji normalitas, uji homogenitas dan ujihipotesis.Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata pre-test siswa kelaseksperimen = 41,83 dengan SD = 6,62. Dan rata-rata post-test siswa kelaseksperimen setelah menggunakan model Small Group Discussion denganpendekatan Scientific = 82,5 dengan SD = 6,66. Sedangkan rata-rata pre-test siswakelas kontrol =44 dengan SD = 6,21 dan nilai rata-rata post-test setelahmenggunakan Metode Pembelajaran Konvensional= 66,66 dengan SD = 8,84.Dari analisis data yang peroleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (X2hitung < X2tabel) dan homogenitas (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotetsis dalampenelitian ini menggunakan uji t komparatif dua sampel independen, dengan tarafsignifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni thitung = 7,84 > ttabel = 2,0021, yangberarti Ha diterima dan Ho ditolak.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: Adapengaruh model pembelajaran Small Group Discussion dengan PendekatanScientific secara signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AkSMK Swata YPK Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 047 |
Keywords: | Hasil Belajar; Small Group Discussion; Pendekatan Scientific |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14624 |