Aswad, Hazral (2015) ANALISIS PEMASARAN JERUK ( STUDI KASUS DI KECAMATAN SIMPANG IV DAN MERDEKA KABUPATEN KARO PROVINSI SUMATERA UTARA ). Undergraduate thesis, UNIMED.
7113210020 - COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7113210020 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
7113210020 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7113210020 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7113210020 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7113210020 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7113210020 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7113210020 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7113210020 - BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
7113210020 - BAB V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7113210020 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah �apakah saluran pemasaran jeruk di Kecamatan Simpang IV dan Merdeka Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara sudah dapat dikatakan efisien dan sudah dengan tingkat keuntungan yang adil�.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis saluran pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, marjin pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran dengan tingkat keadilan keuntungan dalam pemasaran jeruk di Kecamatan Simpang IV dan Merdeka Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Sampel dari penelitian ini adalah petani dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran jeruk, yaitu petani sebanyak 91 KK dan lembaga pemasaran sebanyak 16 orang. Metode penarikan sampel dilakukan dengan dua cara, penarikan sampel petani menggunakan metode Simple Random Sampling dan penarikan sampel lembaga pemasaran menggunakan metode Total Sampling.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan tabulasi sederhana dengan membandingkan data lapangan dengan ketentuan yang ada. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh: terdapat 3 jenis saluran pemasaran di daerah penelitian, yaitu saluran pemasaran I : petani → konsumen, saluran pemasaran II : petani → pedagang pengecer → konsumen, dan saluran pemasaran III : petani → pedagang pengumpul → pedagang pengecer → konsumen. Saluran pemasaran I memiliki total biaya pemasaran Rp 330 per kg, total keuntungan Rp 2.505 per kg, dan tidak memiliki marjin. Saluran pemasaran II memiliki total biaya pemasaran Rp 500 per kg, total keuntungan sebesar Rp 4.802 per kg, dan marjin sebesar Rp 2.750 per kg,. Saluran pemasaran III memiliki total biaya pemasaran Rp 683 per kg, total keuntungan Rp 4.374 per kg, dan marjin sebesar Rp 3.616 per kg. Saluran pemasaran I memiliki tingkat efisiensi sebesar 7,33% dengan farmer’s share sebesar 100%, saluran pemasaran II memiliki tingkat efisiensi sebesar 8% dengan farmer’s share sebesar 56%, dan saluran pemasaran III memiliki tingkat efisiensi sebesar 10,15% dengan farmer’s share sebesar 46,23%.Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat dinyatakan bahwa pemasaran jeruk di Kecamatan Simpang IV dan Merdeka Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara sudah efisien dan sudah dengan tingkat keuntungan yang adil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MNJ 001 |
Keywords: | pemasaran; biaya; keuntungan; efisiensi; farmer`s share |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14609 |