Manik, Lainatus Syifa (2015) PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK YAPIM 2 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141049 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7113141049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
7113141049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
7113141049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
7113141049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
7113141049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7113141049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7113141049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7113141049 BAB I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
7113141049 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7113141049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penlitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah 39 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 36,253 + 0,693X_1 + 0,356 X_2 selanjutnya variabel komunikasi orangtua (X_1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai t_hitung> t_tabel (3,789 >0,681), dan sig < 0,05 (0,001 < 0,05). Sementara motivasi orangtua (X_2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks prestasi dengan nilai t_hitung> t_tabel (2,164 > 0,681), dan sig < 0,05 (0,037 < 0,05). Secara bersama-sama komunikasi dan motivasi orangtua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap indeks prestasi dengan nilai F_hitung> F_tabel(139,294 > 4,11), dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh komunikasi dan motivasi orangtua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 89%.Adanya komunikasi dan motivasi orangtua secara efektif akan menambah semangat dan keinginan anak untuk belajar lebih giat lagi. Selain itu adanya kerjasama antara pihak sekolah dan orangtua sangat perlu adanya untuk mengetahui bagaimana kondisi belajar siswa di rumah dan di sekolah. Membangun komunikasi dan motivasi orangtua terhadap anak secara intens nantinya dapat meningkatkan prestasi belajar anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 023 |
Keywords: | Komunikasi Orangtua;Motivasi Orangtua; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14558 |