Simbolon, Arnol Hamonangan (2015) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X AP SMK YAPIM 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111141003 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7111141003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
7111141003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
7111141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7111141003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7111141003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7111141003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7111141003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7111141003 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
7111141003 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7111141003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variasi gaya mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK YAPIM 2 Medan T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru dan disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK YAPIM 2 Medan T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YAPIM 2 Medan yang beralamat di Jln. Air Bersih No. 59 Medan Kec. Medan Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ekspos Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK YAPIM 2 Medan yang terdiri dari 2 kelas yaitu X AP 1 dan X AP 2 yang jumlahnya 77 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total sampling yaitu sebanyak 77 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus uji t dan uji F dan Koefisien Determinan (R2) .Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel Variasi Gaya Mengajar Guru (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 9,869 > ttabel sebesar 1,992 dengan alpha 5%. Hal ini berarti variasi gaya mengajar guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan untuk variabel disipin belajar (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 2,954 > ttabel sebesar 1,992 dengan alpha 5%. Hal ini berarti disiplin belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Sementara itu uji F dilakukan dengan membandingkan antara hasil Fhitung dengan Ftabel .Diperoleh nilai Fhitung = 159,839, sedangkan untuk Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 % diperoleh nilai Ftabel = 3,97 (tabel F Statistic). Dapat diketahui yaitu Fhitung = 159,839 > Ftabel = 3,97. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel variasi gaya mengajar guru (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 ADP 020 |
Keywords: | Variasi Gaya Mengajar Guru; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14536 |