Manurung, Margaretta Rosparida (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA N.11 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142031 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7113142031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
7113142031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7113142031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7113142031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7113142031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7113142031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
7113142031 BAB I.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
7113142031 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswapada pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran CreativeProblem Solving dan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswakelas XI I S SMA N.11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/ 2015Penelitian ini dilaksanakan di SMA N.11 Medan. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA N.11 Medan yang berjumlah112 orang yang terdiri dari 3 kelas. sedangkan sampel pada penelitian ini terdiridari 2 kelas yaitu kelas IS 3 dan IS 2 yang masing – masing jumlahnya 35 orangyang diambil dengan acak sederhana ( Simple Random sampling ) teknikpengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajarakuntansi berbentuk objektif pilihan berganda. Tes akan dilakukan sebanyak 2kali yaitu awal ( Pre test ) dan akhir ( Post test ) penelitian. Sebelum tes diberikankepada sampel yang sebenarnya, maka tes diuji coba terlebih dahulu sebanyak 25soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui validitas, realibilitas, daya beda, dantingkat kesukaran soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujianhipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data. Dalam hal inidihitung uji normalitas dan uji homogenitas data.Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswayang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem solving ( rata – rata86,28 dan S = 6,89 ) lebih tinggi dari hasil nilai hasil belajar yang diajarkandengan Pendekatan Contextual teaching and Learning ( rata – rata = 77,14 dan S =12,56. Dari pengujian Hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkatkepercayaan 95% pada α = 0,05 dan dk ( n1 + n2 ) – 2 diperoleh thitung > ttabel atau5,683 > 1,671. Maka H0 ditolak dan Ha diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dansignifikan antara penggunaan model pembelajaran Creative Problem Solving danPendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelasXI IS SMA N.11 Medan. Dimana dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa denganmenggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving lebih tinggidibandingkan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 019 |
Keywords: | Model pembelajaran creative problem solving; pendekatan contextual teaching and learning.dan hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14532 |