Simatupang, Diana Melda (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK N 1 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142008 JUDUL.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7113142008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
7113142008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7113142008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7113142008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7113142008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7113142008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7113142008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7113142008 BAB I.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
7113142008 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7113142008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa kelas X Ak SMK N 1 Medan T.A 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa kelas X Ak SMK N 1 Medan TA 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Medan yang berlamat di Jl. Sindoro No. 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Ak SMK N 1 Medan T.A 2014/2015 yang berjumlah 152 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Ak3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 34 orang dan total sampel 68 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar akuntansi berbentuk objektif pilihan berganda. Tes akan dilakukan sebanyak dua kali yaitu diawal (pre-test) dan di akhir (post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel penelitian, maka tes diuji coba terlebih dahulu di SMK N 7 Medan sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data.Berdasarkan hasil penelitian data post-test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh skor rata-rata post-test kelas eksperimen 83.24 dengan Standar Deviasi (SD) = 7.47 dan skor rata-rata post-test kelas control 76.02 dengan Standar Deviasi (SD ) = 8.50. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa yang dilihat dari perbedaan hasil belajar akuntansi siswa dalam dua kelompok belajar tersebut, dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3.72 and ttable= 1.668, sehingga thitung > ttabel (3.72> 1.668) pada taraf signifikansi α = 0.05, yang berarti hipotesis penelitian diterima.Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMK N 1 Medan TA 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 013 |
Keywords: | Creative Problem Solving; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14531 |