Lubis, Eka Liany Harnum (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111541005 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7111541005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
7111541005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7111541005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
7111541005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
7111541005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7111541005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7111541005 BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7111541005 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7111541005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kisaran yang beralamat di jalan Sitrada Nusantara VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kisaran dengan jumlah siswa 328 orang . Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah Sample Random Sampling dimana sampel dalam penelitian ini adalah terdiri dari 2 kelas yang terdiri dari 84 orang Kelas X-2 sebagai kelas Eksperimen berjumlah 42 orang yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Instruction dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol berjumlah 42 orang yang diajar dengan metode konvensional. Instrument pengumpulan datayang digunakan berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Instruction adalah pre tes sebesar 52,73 dengan standar deviasi 9,25 dan post tes sebesar 80,47dengan standar deviasi 11,51 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional adalah pre tes sebesar 51,42 dengan standar deviasi 14,32 dan post tes sebesar 64,52 dengan standar deviasi 10,75. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t dari perhitungan diperoleh t hitung7,556 sedangkan ttabel 2,021pada taraf α = 0,05 dan interval kepercayaan 95% dengan demikian diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,556 > 2,021.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 KisaranTahunPelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 021 |
Keywords: | Model Problem Based Instruction (PBI); Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14525 |