Tarigan, Suwingli Egani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113142055 JUDUL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7113142055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7113142055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7113142055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7113142055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7113142055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7113142055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7113142055 BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
7113142055 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7113142055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa Kelas X Ak SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Medan. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scaffolding terhadap hasil belajar akuntansi siswa SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Medan T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Medan yang beralamat di Jl. Tengku Amir Hamzah Pekan 1 Sunggal Kecamatan Medan Sunggal, Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 64 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam peenelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas X Ak B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scaffolding dan kelas X Ak A sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa yang diajarakan dengan metode konvensional.Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar digunakan tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisa data dilakukan melalui langkah-langkah menentukan rata-rata hitung, varians dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, setelah itu melakukan pengujian hipotesis. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scaffolding = 45,57 dan 75,62 dengan standar deviasi = 10,11 dan 8,40 dan nilai rata-rata pre test dan post test siswa yang menggunakan metode konvensional = 38,91 dan 63,91 dengan satandar deviasi = 10,53 dan 9,22. Hipotesis peneilitian ini diuji dengan uji t dan diperoleh thitung sebesar 5,3152 sedangkan ttabel 1,9994 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu 5,3152 > 1,9994 berarti Ha diterima berarti ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scaffolding dan metode konvensional. Dapat disimpulkan, berdasarkan hasil perhitungan di atas bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scaffolding terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMK Sultan Iskandar Muda Medan T.P 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 AKT 002 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scaffolding; Metode Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14521 |