Ginting, Rahel (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111541017 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7111541017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7111541017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
7111541017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7111541017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7111541017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7111541017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7111541017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7111541017 BAB I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7111541017 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7111541017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar padamata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tiganderket TahunPembelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasilbelajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Tiganderket dengan menggunakan ModelPembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tiganderket JL Pendidikan,Tiganderket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMANegeri Tiganderket yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 200 orang. Dan yangmenjadi sampel dalam penelitian ini adalah X-A sebagai kelas kontrol yangberjumlah 40 orang dan X-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswadalam bentuk tes yaitu pilihan berganda sebanyak 20 butir soal, dimanasebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas,tingkat kesukaran tes, dan daya beda tes.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimendengan menggunakan model discovery learning pre-test sebesar 43,125 dan nilairata-rata pos-test 80,875 sedangkan hasil belajar klas kontrol yang menggunakanmodel konvensional diperoleh rata-rata pre-test sebesar 42,75 dan nilai rata-ratapos-test sebesar 72,125. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunkan uji tdengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai t hitung sebesar 4,39 dengan ttabel 1,667 .berarti hipotesis alternatif diterima Ha dan tolak Ho.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasilbelajar ekonomi siswa yang diajar dengan menggunkan model discovery learningdan model pembelajaran konvensional pada materi permintaan dan penawaranuang di kelas X SMA N 1 Tignderket Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 013 |
Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning; Model Konvensional Dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14518 |