Sinaga, Melisa (2015) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
7113141064. COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7113141064. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
7113141064. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
7113141064. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
7113141064. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
7113141064. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7113141064. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7113141064. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7113141064. BAB I.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
7113141064. BAB V.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7113141064. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan motivasi belajar siswa dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar T.P 2014/2015. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar T.P 2014/2015.Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pematang Siantar. Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas XI IPS Negeri 2 Pematang Siantar sebanyak 101 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan total unit populasi yaitu sebanyak 101 orang. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa : (1) Ada hubungan yang berarti atau signifikan antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar ekonomi siswa dengan rx1y > rtabel yaitu 0,560 > 0,195 nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan tergolong dalam kategori sedang. Serta diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,269 > 1,660 dan nilai sig 0,001 < 0,05. Hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar TP.2014/2015 tergolong kategori baik dengan rata-rata skor motivasi sebesar 74,87. (2) Ada hubungan yang berarti atau signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar ekonomi siswa dengan rx2y > rtabel yaitu 0,324 > 0,195 nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan tergolong dalam kategori rendah. Serta nilai thitung > ttabel yaitu 4,837 > 1,660 dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Hasil angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar TP.2014/2015 tergolong kategori baik dengan rata-rata skor persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru 73,83. (3) Ada hubungan yang berarti atau signifikan antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Pematang Siantar TP.2014/2015 dengan nilai R > r tabel yaitu 0,668 > 0,195 serta nilai Fhitung > Ftabel yaitu 39,404 > 3,09 dan nilai sig 0,000 < 0,05 dan tergolong dalam kategori kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa (40,59%) memiliki prestasi belajar ekonomi tergolong kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 81,55.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 NIAGA 001 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14515 |