Silaban, Medya Nova Debora (2015) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PAHAE JULU T.P 2014.2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7111141011 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7111141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
7111141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7111141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7111141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7111141011 TABLES.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
7111141011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
7111141011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
7111141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7111141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7111141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pahae Julu T.P 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pahae Julu T.P 2014/2015 yang beralamat di Jln. Sigompulon Desa Hutabarat, Kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 127 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling (sampel acak sederhana) dimana sampelnya berjumlah 63 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui validitas, realibilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Untuk analisis data digunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan untuk menguji hipotesis digunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 1 yaitu 40,00 dengan SD=12,24. Dan nilai rata-rata pretes eksperimen 2 yaitu 37,74 dengan SD=9,64. Sedangkan nilai rata-rata postes eksperimen 1 yaitu 77,81 dengan SD=13,67 dan nilai rata-rata postes eksperimen 2 yaitu 71,29 dengan SD=14,95. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka disimpulkan bahwa data hasil belajar siswa berdistribusi normal karena L_(hitung )< L_(tabel ) dan homogen dimana F_(hitung )< F_(tabel ). Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t 1,90 pada α = 0,05 dan t = 1,66 maka t > t (1,90 > 1,66). Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pahae Julu T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 EKO 009 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Scientific; dan Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14509 |