Lumbantoruan, Ivan (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 LUMBANJULU TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141061 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7103141061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7103141061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
7103141061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7103141061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7103141061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103141061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103141061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103141061 BAB I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
7103141061 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7103141061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Ekonomi siswa dan metode konvensional yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar IPS Ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR dikelas VII SMP Negeri 2 Lumbanjulu Tahun Pelajaran 2013/2014 dan untuk melihat perbedaan hasil belajar IPS Ekonomi siswa yang positif dan signifikan antar siklus.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Lumbanjulu yang beralamat dijalan Lintas Poersea-Parapat, kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Tobasa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 26 orang siswa dan objek penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Dalam pengambilan data, Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen tes. Sedangkan, teknik analisis data dengan menggunakan data kuantitatif yaitu reduksi data dan paparan data.Dari analisis diperoleh nilai rata- rata pretest sebelum dilakukan tindakan adalah 52,30 dimana 5 siswa (19,23%) memenuhi KKM. Pada postest siklus I nilai rata- rata 69,23 dimana 17 siswa (65,38%) siswa dinyatakan tuntas. Hasil pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada postest siklus II nilai rata- rata 87,82 dimana 23 siswa (88,46%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung 5,86 > ttabel 2,060. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar IPS Ekonomi siswa antara siklus I dan siklus II adalah positif dan signifikan.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR dapat meningkatkan hasil belajar IPS ekonomi siswa pada pokok bahasan Kegiatan Pokok Ekonomi dikelas VII SMP Negeri 2 Lumbanjulu Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini berarti model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Lum p |
Keywords: | Model Pembelajaran Quantunm Teaching Tipe TANDUR; Hasil Belajar IPS Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14384 |