Hasibuan, Selviama Cahya (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN KARTU ARISAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KAMPUNG RAKYAT T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101342001 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7101342001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
7101342001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
7101342001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
7101342001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7101342001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7101342001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7101342001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7101342001 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
7101342001 BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7101342001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah unutk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa penerapan kolaborasi model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Kartu Arisan di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kampung Rakyat T.A 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kampung Rakyat T.A 2014/2015 semester ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA yang berjumlah 35 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team Assisted Individualization Dan KartU Arisan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitiam ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitupada siklus 1 10 siswa (28,57%) untuk criteria aktif dan sangat aktif sedangkan pada siklus IIterdapat 32 siswa (91,42%) untuk criteria aktif dan sangat aktif. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 62,85%. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus 1 terdapat 23 siswa (65,71%) meningkat menjadi 32 siswa (91,42%) pada siklus II. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal 25,71%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk= n-1 pada a = 0,05 dan N=35.dari data perhitungan diperoleh t hitung = 8,00 dan t tabel = 2,03. Hasil pengujian menunjukkan thitung > ttabel yaitu (8,00 > 2,03). Dengan kata lain perbedaan hasil belajar siswa signifikan.Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan peneran kolaborasi model pembelajaran Team Assisted Individualization Dan Kartu Arisan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kampung Rakyat T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Has p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Team Assited Individualization dan Kartu Arisan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14372 |