Afriyanti, Yessi (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA EKONOMI PADA POKOK BAHASAN KEBUTUHAN MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SELESAI KABUPATEN LANGKAT. TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341124 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103341124 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7103341124 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7103341124 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7103341124 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7103341124 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7103341124 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7103341124 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7103341124 BAB I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
7103341124 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103341124 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang belajar dengan model pembelajaran Konvensional pada pokok bahasan kebutuhan manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Selesai yang beralamat Jalan Binjai Selayang Simpang Selesai pada Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Selesai yang berjumlah 160 orang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total random sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 40 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran kebutuhan manusia dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan dari 40 butir soal untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran tes.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran discovery learning adalah pre test sebesar 35,62 dan post test sebesar 88,37 dalam hal ini hasil belajar yang dicapai oleh siswa menunjukan hasil yang memuaskan pada kelas eksperimen perubahan terjadi lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol pada hasil pembelajaran siswa dengan konvensional adalah pre test sebesar 36,50 juga dapat mengalami perubahan pada nilai rata-rata post test sebesar 83,62. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 3,06 >1,670 dengan taraf singnifikan 95% dan α = 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Afr p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Discovery Learning; Pembelajaran Konvensiona; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14358 |