Fahrisal, Muhammad (2014) HUBUNGAN PENGGUNAAN ANEKA SUMBER DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR TEORI EKONOMI MIKRO MAHASISWA PENDIDIKAN TATANIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141031 COVER.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7102141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7102141031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7102141031 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7102141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7102141031 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7102141031 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7102141031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7102141031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
7102141031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7102141031 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas apakah ada hubungan penggunaan aneka sumber belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar teori ekonomi mikro mahasiswa pendidikan tataniaga angkatan 2012 di Universitas Negeri Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan aneka sumber belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar teori ekonomi mikro mahasiswa pendidikan tataniaga angkatan 2012 di Universitas Negeri Medan.Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 109 orang dan sampel sebanyak 55 responden. Tehnik pengambilan sampel adalah proporsional random sampling dan instrumen yang digunakan untuk mengukur hubungan penggunaan aneka sumber belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar teori ekonomi mikro berupa angket yang berjumlah 40 soal. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dengan hasil dari 40 instrumen semuanya dinyatakan valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Crobach dengan hasil r_hitung > r_tabel (0,733 > 0,361) untuk hubungan menggunakan aneka sumber belajar dan r_hitung > r_tabel (0,736 > 0,361) untuk kemandirian belajar.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t pada taraf signifikansi 95% dengan alpha 5%. Hasil yang diperoleh menunjukkan terhadap hubungan penggunaan aneka sumber belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar teori ekonomi mikro mahasiswa yaitu 2,573 > 2,000 dan kemandirian belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar teori ekonomi mikro mahasiswa yaitu 3,536 > 2,000. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel penggunaan aneka sumber belajar dan kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar teori ekonomi mikro mahasiswa dengan signifikansi 95% dan alpha 5% yaitu F_hitung > F_tabel (382,508 > 3,17). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan secara simultan antara penggunaan aneka sumber dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tataniaga angkatan 2012 menggunakan aneka sumber belajar yang tersedia dengan cukup baik dan memiliki kemandirian belajar yang cukup baik serta prestasi belajar teori ekonomi mikro yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Fah h |
Keywords: | aneka sumber belajar; perpustakaan; laboratorium komputer; kemandirian belajar; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14327 |