PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA NURUL AMALIYAH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Octaviani, Dwi Sapta (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK SWASTA NURUL AMALIYAH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103142019 COVER.pdf]
Preview
Text
7103142019 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
7103142019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7103142019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7103142019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7103142019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7103142019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7103142019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7103142019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 BAB I.pdf]
Preview
Text
7103142019 BAB I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 BAB V.pdf]
Preview
Text
7103142019 BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7103142019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7103142019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa dan metode konvensional yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa T.P. 2013/2014 dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan untuk perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang positif dan signifikan antar siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK dengan jumlah siswa 32 orang. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen tes dan angket minat. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Dari analisis diperoleh nilai rata- rata pre test sebelum dilakukan tindakan adalah 73,28 dimana 12 siswa (37,50%) memenuhi KKM. Pada post test siklus I nilai rata- rata 77,81 dimana 20 siswa (62,50%) siswa dinyatakan tuntas dan hasil dari angket minat belajar siklus I diketahui bahwa 4 orang memiliki minat tinggi, 20 orang memiliki minat sedang, dan 8 orang memiliki minat rendah. Hasil pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada post test siklus II nilai rata- rata 85,78 dimana 28 siswa (87,50%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil Angket menunjukkan 28 orang memiliki minat tinggi dan 4 orang memiliki minat sedang, dan tidak terdapat siswa yang memiliki kriteria minat rendah dan tidak berminat. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Analisis uji t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,327 > 2,039. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II adalah positif dan signifikan. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dengan Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa T.P. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9
Keywords: model pembelajaran; explicit instruction (EI); auditory intellectually repetition (AIR); minat belajar; hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 30 Aug 2016 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14314

Actions (login required)

View Item
View Item