Sinaga, Arnold Saut (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK 2 YAPIM MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114064 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
708114064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
708114064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
708114064 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
708114064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
708114064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708114064 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
708114064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708114064 BAB I.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
708114064 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
708114064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Masaloh dalam penelitian Lui odalob rendahnya lmsil belajar siswa pada mala pelajaran Kewirausahrum kelas X AP di SMK 2 YAPlM Medan T.P. 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini odalob unruk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran koopemtif tipe Problem Based Instruclion terbadap basil belajar sisw• di SMK Y APlM Mcdan T.P. 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalob semua siswa kelas X semester I Jurusan Adminstrasi Perkantoran yang berjumlob 140 orang yang terbagi atas 4 ke!as. Sampel peaclitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X AP-2 sebagai kelas eksperimcn dan X AP• I sebagai kelas kentrol yang masing-masing berjumlob 35 orang siswa. Teknik pengambilaa sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunalcan odalob penelitian eksperimen. Sebagai alat pengumpel data digunaksn soal multiple choice yang sebelumnya telob dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesnkaran dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipetesis, terlebib dobulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bobwa Slliilpel berasal dati popu1asi yang memiliki vatians yang homogen dan berdistribusi nonnal. Dati analisa data diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen ..besar 39,286 dengan simpangan baku 10,010 dan pada ketas kontrol dipemleh sebesar 40,429 dengan simpangan baku ~ 7,800. Dan anatisa data skor rnta-rata post-test pedn kelas eksperimen (pembel'liaran dengan mndel Problem Basedlnslruclivn) diperoleh sebesar =76.143 dengan simpangan baku sebesar 9,400. Rata-rata basil belajar pedn kelas kontml (pembelajaran dengan mndel konvensional) sebesar 66,857 dengan simpangan baku ~ 9,933. Dati basil analisis detll dengan tneDj!gunaksn uji•t pedn laraf siguiflkansi 95% (u ~ 0,05) dipemleh"""""' ~ 3,896 !ledangkan t,., ~2.002. temyata to;mng >t""" maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demiklaa diperoleh kesimpulan bobwa basil belajar Kewirausahrum siswa pada pokok bobasan mengaktualisasikan sikap dan perilalru wirausoba yang diberi pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Brued lnslructitm lebih balk dari basil belajar Kewirausebaan siswa yang menggunaksn model pembelajaran konvensional padn siswa X Adntinistrasi Porkantonm di SMK 2 YAPIM Medan T .P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Sin p |
Keywords: | model pembelajaran; problem based instruction; metode pembelajaran konvensional; hasil belajar kewirausahaan; variabel penelitian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14313 |