Habibi, Dwi Ira (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI I LIMAPULUH T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341028 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7103341028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
7103341028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
7103341028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7103341028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7103341028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103341028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103341028 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
7103341028 BAB V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7103341028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Masalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri I Limapuluh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi jika diterapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri I Limapuluh Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Limapuluh T.P 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 35 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 23 orang (65,7%) siswa yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 27 orang (77%) siswa yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif, telah memperoleh hasil aktivitas sesuai dengan kriteria penilaian skor ≥ 23 atau ≥ 71,87%. Dari hasil analisis data diperoleh data pretest 8 orang (22,85%) siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai 65,57 sedangkan pada siklus I terdapat 20 orang (71,43%) siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 76,30 atau terjadi peningkatan sekitar 10,73 poin. Dan pada siklus II menjadi 30 orang ( 85,7%) siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 83,71 atau mengalami peningkatan 7,41 poin dari siklus I yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥75. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar ekonomi meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Student Teams Achivement Divisions pada Standard Kompetensi Memahami Perekonmian Terbuka siswa kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 1 Limapuluh Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Hab p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Student Team Achievement Division; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Hipotesis Tindakan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14310 |