Siahaan, Roma Mawarni Arta (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN KELAS X AP SMK SWASTA MARISI MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141123 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7103141123_APRROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
7103141123 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7103141123 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7103141123 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7103141123 TABELS.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7103141123 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7103141123 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7103141123 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7103141123 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7103141123 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan siswa kelas X AP di SMK Swasta Marisi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Marisi Medan Jalan Guru Sinumba No. 2 Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia - Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 56 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas X AP I yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP II yang berjumlah 28 orang siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas, realibilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan nilai rata-rata pretest 43,03 dan nilai rata-rata post test 78,39, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional, nilai rata-rata pre test 41,78 dan nilai rata-rata post test 67,67. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu ( 3,17 > 1,67) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan di Kelas X AP SMK Swasta Marisi Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Sia p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Teams Games Tournament; Langkah-langkah; Kelebihan dan kekurangan; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14307 |