Endang, Lilis (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN SMK SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141073 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7103141073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
7103141073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
7103141073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7103141073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
7103141073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103141073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103141073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141073 BAB I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
7103141073 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103141073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar bekerja sama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X AP SMK Swasta Josua Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Josua Medan Tahun Ajaran 2014/2015, dengan subjek penelitian siswa kelas X AP yang berjumlah 36 orang. Untuk memperoleh data penelitian menggunakan tes observasi. Tes yang digunakan adalah objektif Tes diberikan secara individual yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Observasi dilakukan secara lansung pada saat kegiatan pembelajaran berlansung menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving. Tehnik analisa data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelasnya adalah 61,80. Pada siklus II nilai rata-rata kelasnya 80,13 terjadi peningkatan sebesar 18,33. Dan kelulusan klasikal secara klasikal pada siklus I mencapai 33,33% (12 orang) sedangkan pada siklus II mencapai 88,89% (32 orang). Aktivitas siswa juga secara umum mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 18,03%. Hasil rata-rata diskusi pada siklus I tidak ada kelompok yang mencapai kriteria penghargaan, sedangkan pada siklus II terdapat tiga kelompok yang mencapai kriteria penghargaan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar bekerja sama dengan kolega dan pelanggan siswa kelas X AP SMK Swasta Josua Medan tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 End p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Creative Problem Solving; Langkah-langkah; Kelebihan dan kelemahan; Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14306 |