HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DAN MOTIVASI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA TRI SAKTI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Pasaribu, Retta Melida (2014) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DAN MOTIVASI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA TRI SAKTI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103141108 COVER.pdf]
Preview
Text
7103141108 COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
7103141108 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7103141108 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7103141108 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7103141108 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7103141108 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7103141108 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7103141108 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 BAB I.pdf]
Preview
Text
7103141108 BAB I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 BAB V.pdf]
Preview
Text
7103141108 BAB V.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 7103141108 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7103141108 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kurangnya keterampilan guru memberi penguatan dan motivasi guru, serta rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Tri Sakti Lubuk Pakam T.P 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah apakah keterampilan guru memberi penguatan dan motivasi guru memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Tri Sakti Lubuk Pakam T.P 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Tri Sakti Lubuk Pakam T.P 2013/2014 yang berjumlah 69 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dan diperoleh sampel sebanyak 69 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi sederhana, uji t dan uji F, dan korelasi berganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil pengujian hipotesis pertama, terdapat hubungan yang signifikan keterampilan guru memberi penguatan dengan prestasi belajar. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,630 > rtabel 0,234 menunjukan bahawa hipotesis pertama diterima dengan signifikansi (α) = 5 % thitung > ttabel (8,802 > 1,668) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Sedangkan untuk uji hipotesis kedua terdapat hubungan yang signifikan motivasi guru dengan prestasi belajar siswa yang diperoleh, rhitung sebesar 0,613 > rtabel 0,234 menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima dengan signifikansi (α) = 5 % thitung > ttabel (5,080 ≥ 1,668) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Sedangkan untuk hipotesis ketiga terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru memberi penguatan dan motivasi guru dengan prestasi belajar. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,806 > rtabel 0,234 dan n = 69. Diketahui bahwa nilai ritung > rtabel, maka dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima dengan signifikansi (α) = 5 % Fhitung > Ftabel (64,8 > 3,135) menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Persentase keterampilan guru memberi penguatan dan motivasi oleh guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 64,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru memberi penguatan dan motivasi guru berhubungan dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Tri Sakti Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.071 2 Pas h
Keywords: Keterampilan; Guru Memberi Penguatan; Penggunaan Penguatan; Motivasi; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 30 Aug 2016 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item
View Item