Saragih, Ika Budi Purnama (2014) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII MTS. AL-WASHLIYAH 42 SIPISPIS T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141058 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7103141058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
7103141058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
7103141058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7103141058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7103141058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7103141058 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
7103141058 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII MTs. Al-Washliyah 42 Sipispis T.P. 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al-Washliyah 42 Sipispis Jalan Sudirman No. 83 T.P. 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari dua kelas berjumlah masing-masing 21 orang kelas VIII A dan 21 orang kelas VIII B. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 25,238 dengan standar deviasi = 10,895 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan model problem based learning = 74,286 dengan standar deviasi 9,910. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 25,952 dengan standar deviasi = 10,679 dan nilai rata-rata postest siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional =67,143 dengan standar deviasi 11,573. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (2,15 >2,021), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada tara signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 = 40.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII MTs Al-Washliyah 42 Sipispis T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sar p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Metode Konvensional; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14293 |