Dalimunthe, Dewi Shara (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING PADA SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA HARAPAN BANGSA LANGKAT TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141003 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
7101141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
7101141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
7101141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7101141003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7101141003 TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7101141003 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7101141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7101141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
7101141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7101141003 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Swasta Harapan Bangsa Langkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution PosingPenelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Harapan Bangsa Langkat yang beralamat di Jln Binjai Kuala Km 18 5 pasar I lingkungan V Bela Rakyat Langkat Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 43 orang dan objeknya adalah penerapan model pembelajaran Posing Tipe Post Solution Posing Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan hasil belajar dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar ekonomi siswa yang signifikan dan positif antar siklus dapat dihitung dengan rumus uji tBerdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 23 25 yang termasuk kategori aktif dan sangat aktif Pada siklus II rata rata observasi aktivitas siswa adalah 76 74 termasuk kategori aktif dan sangat aktif Selain itu test yang dilakukan pada siklus I terdapat 18 siswa41 86 tuntas dengan rata-rata nilai 61 04 Pada siklus II terdapat 38 siswa 88 37 tuntas dengan rata rata nilai 78 02 Ada terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dengan Siklus II dengan thitung 2 00 dan ttabel 1 68 dimana thitung ttabel 2 00 1 68Dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing dapat meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS pada standar kompetensi Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi di SMA Swasta Harapan Bangsa Langkat Tahun Ajaran 2013-2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Dal u |
Keywords: | Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Problem Posing tipe post solution; Hipotesis tindakan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14285 |