Sinaga, Zulkarnaen (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA DHARMAWANGSA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114290 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
708114290 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
708114290 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
708114290 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
708114290 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
708114290 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708114290 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708114290 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708114290 BAB I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
708114290 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
708114290 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Dharmawangsa Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Dharmawangsa Medan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing dan Strategi Index Card Match.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharmawangsa Medan yang berlokasi Jln. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS dengan jumlah 38 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui model pembelajaran Problem Posing dan Strategi Index Card Match. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu sebesar 13,26% meningkat pada siklus II sebesar 28,08%, meningkat 14,82%. Data pretes sebagai hasil belajar awal siswa dengan 63,52%. Data postes dari siklus I meningkat yaitu dengan rata-rata nilai di siklus I sebesar 47,37% (tuntas) dan pada siklus II rata-rata nilai sebesar 92,11% yang tuntas, terdapat peningkatan nilai rata-rata dari siklus 1 ke siklus II sebesar 44,74% dengan KKM 70 Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi secara signifikansi dan positif antar siklus dimana thitung > ttabel yaitu 7,19 > 2,03, dengan dk = 38-1 yaitu dk = 37 pada α = 0,05. Dengan kata lain Ha = X > Y diterima dan Ho ditolak.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dan Strategi Index Card Match di kelas XII IPS SMA Dharmawangsa Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 membuktikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang positif dan signifikan. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Problem Posing dan Strategi Index Card Match dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sin p |
Keywords: | Model; Pembelajarna; Problem Posing; Index Card Match; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14278 |