Sitohang, Lia Sabrina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS-2 SMA SWASTA BINTANG TIMUR SATU BALIGE T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142043 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7103142043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
7103142043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7103142043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
7103142043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7103142043 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142043 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103142043 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103142043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
7103142043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103142043 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
7103142043 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS-2 SMA Swasta Bintang Timur Satu balige. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Peer Tutoring dengan strategi Everyone Is A Teacher Here di kelas XI IS-2 SMA Swasta Bintang Timur Satu Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Bintang Timur Satu Balige yang terletak di Jl. Bintang Timur Satu Balige tahun pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-2 yang berjumlah 28 orang. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Peer Tutoring dengan strategi Everyone Is A Teacher Here.Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan jumlah siswa yang masuk kategori aktif dan sangat aktif, dimana siklus I hanya rata-rata 60,71% menjadi 92,86% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 32,15%, peningkatan ini sudah memenuhi indicator ketuntasan aktivitas secara klasikal yaitu sebesar 70,83%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 28 siswa hanya 20 siswa (71,43%) yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 81,7 menjadi 26 siswa (92,86%) pada siklus II dengan nilai rata-rata 95,38. Penelitian berhenti di siklus II karena telah mencapai indikator yang sudah ditetapkan sebesar 90%. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 28-1= 27 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 6,18 dan ttabel = 2,05. Sehingga thitung > ttabel (6,18 > 2,05). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan.Jadi, dengan menerapkan model pembelajaran Peer Tutoring dengan strategi Everyone Is A Teacher Here di kelas XI IS-2 SMA Swasta Bintang Timur Satu Balige dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar pengikhtisaran transaksi perusahaan jasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sit p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Peer Tutoring; Strategi; Everyone Is a Teacher Here; Aktivitas Belajar Siswa; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14277 |