Tampubolon, Rum Rumondang (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142065 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7103142065 APPROVEL SHEET.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
7103142065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
7103142065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7103142065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103142065 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103142065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7013142065 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103140265 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
7103142065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7103142065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budi Agug Medan dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Probing-prompting dengan Model Pembelajaran Group Investigation.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMA Swasta Budi Agung Medan yang berada di Jl. Platina Raya No.7 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 41 orang sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model Pembelajaran Probing-prompting dengan Group Investigation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh aktivitas siswa mencapai 36,51% keaktifan klasikal yaitu terdapat 15 siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif. Di Siklus II terdapat peningkatan keaktifan klasikal menjadi 85,36% yaitu terdapat 35 siswa yang tergolong kategori sangat aktif dan aktif. Untuk perolehan hasil belajar di Siklus I, terdapat 24 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau 58,54% dengan nilai rata-rata 69,51. Dan setelah Siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,68% (38 orang) dengan nilai rata-rata 82,92. Peningkatan hasil belajar dari Siklus I ke Siklus II sebesar 34,14%. Hal ini menunjukkan bahwa pada Siklus II telah telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 41-1= 40 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 13,59 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung > ttabel (13,59 >2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Jadi dengan menerapkan model pembelajaran Probing-Prompting dengan Group Investigation di kelas XI IPS SMA Swasta Budi Agung Medan, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IPS SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Tam p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Probing Prompting; Group Investigation; Aktivitas Belajar Siswa; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14275 |