Mashita, Rizki Ayu (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142063 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7103142063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7103142063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7103142063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7103142063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103142063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103142063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103142063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103142063 BAB I.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
7103142063 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103142063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMA Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian dilaksanakan di SMA Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 7 siswa (18,42%) siswa aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 31 siswa (81,58%) siswa aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 63,16%. Hasil belajar pada pretest sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 12 siswa (31,6%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 62,23. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (52,6%) dengan nilai rata-rata 69,60, dan pada siklus II sebanyak 36 siswa (94,7%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,04. Terjadi peningkatan sebesar 11,44%. Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk=38-1=37 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan menunjukkan thitung = 8,86 dan ttabel = 2,026. Sehingga thitung > ttabel yaitu 8,86 > 2,026. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan dan positif.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa di SMA Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Mas p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Problem Based Learning; Pendekatan Saintifik; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14274 |