Sari, Ayu Ana (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN T.P. 2013/204. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142005 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7103142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
7103142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7103142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7103142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103142005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103142005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
7103142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7103142005 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Penelitian ini dilaksankan di SMA Sultan Iskandar Muda Medan yang beralamat di Jl. Tengku Amir Hamzah Pekan I Sunggal, Medan Sunggal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 38 orang. Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas.Berdasarkan analisis diperoleh hasil pada siklus I yaitu 65,79% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata nilai 75,76. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%, oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II 86,84% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 dengan rata-rata nilai 81,10 berarti telah melampaui indikator keberhasilan, sehingga penelitian berhenti di siklus II. Aktivitas siswa menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 23,68% siswa yang dikatakan berkriteria aktif (Siklus I 52,63% siswa dengan aktivitas ”aktif” dan ”sangat aktif” sedangkan Siklus II 76,31 % siswa dengan aktivitas ”aktif” dan ”sangat aktif” ).Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar Menyusun Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sar u |
Keywords: | Strategi; Pembelajaran; Fire Up; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14271 |