Sembiring, Febry Elyana (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA SWASTA ST THOMAS 2 TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142026 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7103142026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
7103142026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
7103142026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7103142026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7103142026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7103142026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103142026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103142026 BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
7103142026 BAB V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7103142026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada materi penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta ST Thomas 2 Medan Jalan S. Parman No. 107 T.P 2013/ 2014 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 di SMA Swasta ST Thomas 2 Medan yang berjumlah 37 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Creative Problem Solving.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar yaitu terdapat 3 siswa (8,1%) mencapai kriteria “sangat aktif”, 9 siswa (24,3%) mencapai kriteria “aktif” sedangkan nilai pretest siswa yang tuntas adalah 15 orang (40,5%) dengan nilai rata- rata 68,37. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 25 orang (67,5%) dengan rata- rata 76,35 atau terjadi peningkatan sekitar 7,98 point. Aktivitas belajar pada siklus II terdapat 7 siswa ( 18,91%) mencapai kriteria “sangat aktif”, 23 siswa (62,1%) mencapai kriteria “aktif” sesuai indikator keaktifan 71,87 atau ≥23. Pada Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 34 orang siswa (92 %) dengan nilai rata- rata menjadi 86,08 atau mengalami peningkatan 9,73 poin dari siklus I. Pada siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan belajar yaitu 92 %. Sesuai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 90% siswa memperoleh nilai ≥75.Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan secara signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Penpyusunan Laporan keuangan perusahaan jasa di kelas XI IPS 2 SMA Swasta ST Thomas 2 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sem p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Creative Problem Solving; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14270 |