Fitriyana (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 MADARASAH ALIYAH NEGERI KISARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142030 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7103142030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
7103142030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7103142030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
7103142030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103142030 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142030 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7103142030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
7103142030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7103142030 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Kisaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa jika diterapkan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution di kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Kisaran.Penelitian ini dilaksankan di Madarasah Aliyah Negeri Kisaran yang beralamat di Jalan Jl. Latsitarda Nusantara VIII Kisaran Timur Kab. Asahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 43,33% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33%, jadi ada peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II sebesar 40%. Demikian juga dengan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I adalah 63,33%. Pada siklus II presentase ketuntasan belajar klasikal adalah 90%, menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal 26,67%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi secara signifikansi dan positif antar siklus dimana thitung>ttabel yaitu (8,50 >2,04), dengan dk = 30 – 1 = 29 pada α = 0,05. Dengan kata lain Ha = X2 > X1 diterima dan H0 ditolak.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution pada materi Jurnal Penyesuaian dan Kertas Kerja Perusahaan Dagang di kelas XI IPS 1 Madrasah Aliyah Negeri Kisaran Tahun Pelajaran 2013/2014 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Problem Posing TipePost Solution dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Fit p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Problem Posing; POst Solution; Aktivitas Belajar Siswa; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14269 |