PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN AJARAN 2013/2014

Sitanggang, Liliana (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 TANAH JAWA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103141072-COVER.pdf]
Preview
Text
7103141072-COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
7103141072-PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7103141072-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7103141072-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7103141072-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7103141072-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7103141072-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7103141072-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-BAB I.pdf]
Preview
Text
7103141072-BAB I.pdf - Published Version

Download (683kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-BAB V.pdf]
Preview
Text
7103141072-BAB V.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 7103141072-DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7103141072-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-5 pada kompetensi dasar membedakan peran bank umum dan bank sentral di SMA Negeri 1 Tanah Jawa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Group Investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanah Jawa yang beralamat di Balimbingan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 yang berjumlah 36 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Group Investigation. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa mencapai 36,11% (13 siswa) secara klasikal yaitu 1 orang siswa (2,78%) yang tergolong sangat aktif, dan 12 orang siswa (33,33%) yang tergolong aktif. Di siklus II terjadi peningkatan keaktifan klasikal menjadi 77,78% (28 siswa) yaitu 4 orang siswa (11,11%) yang memperoleh kriteria sangat aktif dan 24 orang siswa (66,67%) yang tergolong aktif. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus II dinyatakan telah aktif. Untuk perolehan hasil belajar di siklus I, terdapat 20 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau sekitar 55,56 % dengan nilai rata-rata 69,58. Dan setelah di siklus II, ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,89% (32 siswa) dengan nilai rata-rata79,17. Ini berarti perolehan hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,33% dari siklus I dan telah memenuhi KKM. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara hasil belajar siklus I dengan siklus II dimana thitung = 6,99 > ttabel 2,03. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar dasar membedakan peran bank umum dan bank sentral di kelas X-5 SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.071 Sit p
Keywords: Model Pembelajaran; Problem Based Instruction; Group Investigation; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 29 Aug 2016 09:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item
View Item