Simamora, Boris Hamonangan (2014) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DI MEDIASI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341015 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7103341015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (923kB) | Preview
7103341015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
7103341015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
7103341015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103341015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341015 BAB I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
7103341015 BAB V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
7103341015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar, minat belajar terhadap prestasi belajar, dan yang di mediasi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar, minat belajar terhadap prestasi belajar, dan yang di mediasi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan tahun pembelajaran 2013/2014 dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan yang berjumlah 110 siswa dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan tehnik Random Sampling dan rumus pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel yang diambil sebanyak 86 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar adalah analisis regresi variabel mediasi dengan metode kausal step. Hasil analisis data dan hipotesis yang diperoleh untuk pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,66 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,417 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,532 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, dan hasil untuk pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,257 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,028 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Dan setelah memasukkan variabel minat belajar, pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dari c = 0,532 menurun menjadi c= 0,257 atau c ≠ 0 Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Dan minat belajar dinyatakan sebagai mediasi parsial, karena pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar menjadi tetap positif dan signifikan setelah memasukkan variabel minat belajar ke dalam model persamaan regresi tetapi mengalami penurunan koefisien regresi atau dengan kata lain mediasi minat belajar tidak terlalu memberikan kontribusi yang besar pada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sim p |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Indikator; Minat Belajar; Prestasi Belajar; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14242 |