Harahap, Ade Indah Sawitri (2014) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTS AL-ITTIHADIYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341001 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7103341001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (734kB) | Preview
7103341001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
7103341001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
7103341001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
7103341001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
7103341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
7103341001 BAB I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
7103341001 BAB V.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
7103341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Ittihadiyah Medan Jl.Bromo No.25 Kode Pos 20216 Kelurahan Tegal Sari dan dilaksanakan pada Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah yang berjumlah 167 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang yang diambil secara acak. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil uji regresi linear berganda yang diperoleh untuk pengaruh fasilitas belajar (X_1) dan motivasi belajar (X_2) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa diperoleh Y= 16.458 + 0,956 X_1 + 0,837 X_2. Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan rumus uji-t dengan taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Hasil yang diperoleh t_hitung> t_tabel yaitu (4,567>2.018), yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh fasilitas belajar (X_1) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa (Y) dan t_hitung> t_tabel yaitu (5.180>2.018) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh motivasi belajar (X_2) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa (Y). Untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan rumus uji F. Hasil yang diperoleh adalah F_hitung> F_tabel (104.024>3.22) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh fasilitas belajar (X_1) dan motivasi belajar (X_2) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu (Y).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Har p |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Motivasi; Prestasi Belajar; IPS Terpadu; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14241 |